Tuesday, August 28, 2012

SKR

Menteri Taiwan Usulkan Kencing Cara Rasulullah


Menteri Taiwan Usulkan Kencing ala Rasulullah
Toilet pria (ilustrasi).

NANJING -- Nabi Muhammad SAW mencontohkan umatnya untuk duduk atau jongkok ketika buang air kecil. Meski bukan seorang muslim, tapi Menteri Lingkungan Taiwan, Stephen Shen mencontoh anjuran Rasulullah SAW dengan selalu buang air kecil dengan duduk.

Ia pun mengusulkan agar masyarakat Taiwan buang air kecil sembari duduk. Usulan mengikuti sunnah Rasulullah SAW itu khusus untuk para pria yang acapkali buang air kecil sembari berdiri. Badan Perlindungan Lingkungan Taiwan (EPA) mengungkapkan Stephen memang selalu duduk bila buang air kecil, baik di rumah ataupun di toilet umum.

Badan itu mengatakan, kebiasaan kencing dengan duduk seperti yang dilakukan perempuan akan menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Para pejabat Taiwan mengatakan akan meminta pemerintah daerah memasang tanda di toilet-toilet umum berisi anjuran agar pria duduk bila buang air kecil.

Seperti dilansir Yahoonews.com, anjuran ini adalah bagian dari kampanye Taiwan guna menjaga kebersihan di toilet umum. Sekira 100 ribu toilet umum tersebar di Taiwan. Toilet-toilet tersebut saat ini jauh lebih bersih dibandingkan sebelumnya. "Namun sejumlah kakus masih bau pesing karena cipratan air seni pria," kata EPA.

Nantinya, tanda anjuran pria buang air kecil sembali duduk akan dipasang di toilet umum di sekolah-sekolah, stasiun kereta, bandara, hingga terminal bus. Meski baik, anjuran tersebut melahirkan silang pendapat di dunia maya.

Mayoritas wanita yang memang terbiasa buang air kecil sembari duduk, mendukung gagasan tersebut. Tapi tak sedikit pria yang menentang lantaran sulit mengubah kebiasaan sejak kecil.

Usulan buang air kecil sembari duduk bukan kali pertama. Sebelumnya sejumlah politisi sayap kiri di Swedia juga pernah mengusulkan undang-undang baru yang melarang para pria buang air kecil sembari berdiri. Beberapa alasan dan keuntungan dari buang air kecil sembari duduk dipaparkan para politisi tersebut.

Partai sosialis dan feminis di Swedia mengklaim akan lebih higenis bila seorang pria duduk ketika buang air kecil. Sebab cara tersebut akan mengurangi genangan air dan baik untuk kesehatan pria. Karena buang air kecil sembari duduk akan mengosongkan kandung kemih yang bisa mengurangi risiko kanker prostat.

"Kami ingin belajar dari Swedia dan Jepang," kata Direktur Sanitasi Lingkungan dan Zat Beracun EPA, Yuan Shaw-jing, kepada BBC. "Di Jepang, kami mendengar 30 persen laki-laki buang air kecil sembari duduk." 

sumber

ADVERTISEMENT
SKR

About SKR

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :